DOLANAN CORAT-CORET

DOLANAN SAKTI SING ISO NYORAT-NYORET

EUFORIA WISUDA JULI ITB 2010

on June 15, 2010

Sore ini, saya mendapatkan kabar klo rektorat bakal ngadain lomba arak2an wisuda himpunan dari ketua wisuda juli 2010 HMM si Randi. Pastinya orang2 yang udah lama berbaur dengan wisudaan akan kaget klo TERNYATA rektorat mendukung acara arak2an wisuda ITB. Betapa tidak, wisudaan Juli 2009 diwarnai SK pelarangan sagala bentuk arak2an akibat dari coretan tembok di OKTAGON dari wisuda maret 2009. Selain itu, wisudaan oktober 2009 juga diwarnai ketegangan dimana wisudaan himpunan berjalan damai yang sayangnya gara2 ekspos media tentang arak2an dari HMP berakibat rektorat ITB “makan hati”.

Ringkasan Wisuda

Pada dasarnya arak2an wisuda ITB merupakan tradisi yang udah ada sejak jaman bahulea. Sebenarnya tradisi ini mempunyai kandungan nilai yang cukup baik, yaitu memberikan euforia kepada para wisudawan yang telah berjuang di kampus gajah sekaligus memberikan kesan indah mengenai hari terakhirnya belajar di “undergraduate” ITB.

Arak2an wisuda ITB berlangsung dengan mengenakan atribut himpunannya masing2. Yap, dengan mengenakan atribut himpunan PASTINYA akan berdampak rasa arogansi himpunan yang cukup tinggi pada pelaku arak2an maupun wisudawan. Tak pelak, kadang hal ini menjadi tawuran antar himpunan seperti himpunan2 timur jauh(mulai tambang,geodesi,terra,geologi) plus sipil.

Tradisi tawuran seperti ini mulanya bisa diredam dengan peraturan akademik yang me”rumah”kan civitas akademik ITB yang terlibat perkelahian. Namun, perlu diingat, arak2an juga ada wisudawannya kan? Ya tetep aja tawuran(lha wong mereka sudah ga terikat peraturan akademis). Alhasil peraturan akademik tersebut terbatas hanya meredam gejolak saja. Nah, Dari tawuran antar wisudawan itu tentu menurun ke pelaku arak2an pembela wisudawan yang mana rektorat tentu tidak akan men-DO-kan satu jurusan sekaligus apabila satu jurusan tawuran semua, namun hanya sampai pada membekukan himpunan2 yang melakukan tawuran.

Tahun 2005 pernah dikeluarkan SK mengenai larangan arak2an akibat dari tawuran antar himpunan. Ga tau gimana ceritanya SK itu akhirnya udah ga ada dan arak2an kembali ada dan (masih) berujung ke tawuran antar himpunan. Juli Tahun 2009 SK larangan arak2an keluar lagi akibat tawuran antar himpunan pada Maret 2009. Hingga akhirnya wisuda juli yang notabene jumlah wisudawan terbesar sepanjang sejarah ITB menjadi sangat hampa tampa euforia-euforia wisudaan. Oktober 2009 beberapa himpunan memutuskan untuk melanjutkan wisudaannya meskipun berada pada bayang2 SK larangan dari rektorat. Namun, Ada yang mengakali dengan wisudaan di luar kampus sampai yang “cuek” ngelanjutin seperti tradisi biasanya.

April 2010 rektorat mulai memudahkan arak2 wisudaan dengan syarat tidak mengganggu masyarakat sekitar yang tak lain artinya “Cuma boleh lewat terowongan,ga lewat taman sari”. Beberapa himpunan menentang jalur goa sabuga ini karena menurut mereka aksi wisudaan ini tidak terekspos ke media(mereka berharap media mengespos kegiatan arak2an). Namun setelah audiensi pimpinan himpunan dengan Lembaga Kemahasiswaan, mereka mulai tercerahkan dengan nilai2 murni dari arak2an, yaitu EUFORIA, bukan ekspos Media. Akhirnya dibuat kesepakatan bahwa wisudaan April 2010 merupakan acara dibawah koordinasi KM ITB yang dilakukan oleh2 himpunan2 ITB. Acara KM ITB ini sendiri mempunyai Term Of Referrence(TOR) yang harus dijalankan oleh semua himpunan agar euforianya terjaga, yang salah satunya adalah melewati terowongan sabuga. Namun masih ada aja himpunan yang agak autis tidak mengikuti koridor yang telah disepakati bersama (2 the pointnya itu HMT). Untung saja tidak terjadi hal2 yang tidak diinginkan sehingga masalah ini tidak berlarut2.

Hari eksekusi arak2an wisuda. Acara yang digelar oleh satgas KM ITB ini cukup lancar dan meriah meskipun waktunya molor gak karuan. Di teras CC ITB ternyata ketua LK pak brian, staff LK pak sandro, dan pak DJ-aji ikut menjadi “massa kampus” menikmati dan mengamati keberlangsungan acara wisudaan ini. Bisa dibilang mereka bertiga cukup puas dengan arak2an tanpa tawuran kali ini dengan indicator senyuman pada wajah mereka ketika saya dan massa HMM lewat di CC ITB.

JULI 2010, denganb dampak positif dari dipercayanya kembali himpunan untuk melakukan arak2an yang meriah oleh rektorat yang tak lain karena “wisuda damai” April lalu, akhirnya rektorat mengadakan lomba arak2an antar himpunan wisudaan yang paling meriah. Dibalik kagetnya massa kampus tentang kebijakan ini, kita semua patut mengapresiasi niat baik rektorat untuk meluruskan kembali makna dari arak2an ini.

Semoga arak2an Juli 2010 nanti berlangsung meriah dan indah dengan dukungan birokrasi oleh rektorat. Dan juga sekaligus semoga SK larangan arak2an yang keluar Juli 2009 adalah SK larangan arak2an TERAKHIR sepanjang sejarah ITB. AMIN.


2 responses to “EUFORIA WISUDA JULI ITB 2010

  1. aghnachedoya says:

    mantap gan…
    moga2 besok wisuda meriah…
    yellbooyyyy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: