DOLANAN CORAT-CORET

DOLANAN SAKTI SING ISO NYORAT-NYORET

RUPIAH MENILAI CINTA DAN ENERGI

on July 14, 2010

maaf, PLN kehabisan listrik

Semua orang yang ada di dunia pasti sepakat dengan pernyataan “CINTA tidak bisa dibeli dengan UANG”. Mungkin kita bisa mendapatkan wanita dengan uang atau menarik wanita dengan harta kita yang melimpah, namun kita tetap tidak bisa mendapatkan kasih sayang tulus dari wanita jika wanita dekat dengan kita karena uang. “Uang hilang = wanita pergi” adalah rumus sederhana yang menunjukkan kepada kaum lelaki bahwa cinta tetap tidak bisa dibeli dengan uang. Bayangkan saja jika keadaan diubah menjadi sebaliknya, “uang hilang = wanita setia” adalah pola sederhana yang menunjukkan apakah wanita itu cinta dan menyanyangi kita. Contoh sederhana dari wanita penuh cinta tersebut adalah Ibu, apakah Ibu kita akan meninggalkan kita jika harta kita tiada?

Sekarang makna cinta kita ubah menjadi ENERGI. Apakah uang bisa membeli energi? Atau “energi tidak bisa dibeli dengan uang” seperti kasus di atas? Mari kita menata logika sebelum menjawabnya.

Energi listrik sangat sering kita gunakan walaupun jarang memperhatikan daya guna listrik itu sendiri. Energi listrik dipakai di seluruh dunia untuk menjalankan perangkat elektronik sehari-hari karena energi ini paling mudah diubah bentuknya kedalam bentuk energi lain semisal cahaya, panas, gerak, dan lain-lain. Sekarang mari kita menghitung bersama-sama berapa harga listrik yang sebenarnya?

Kita ambil sebuah sampel sehari-hari anak kos karena perhitungannya paling mudah. Kebutuhan anak kos dalam hal elektriksasi adalah Laptop, TV mini, Dispenser, lampu kamar, lampu belajar dan HP. Mari kita hitung harga listrik per hari dalam rupiah diasumsikan kondisi pemasangan batas daya 450 VA dengan harga 415 KWh (tarif baru per 1 Juli 2010).

Laptop 25 Watt X 4 Jam = 100 Watt Hours
TV mini 100 Watt X 3 Jam = 300 Watt Hours
Dispenser 350 Watt X 3 Jam = 1050 Watt Hours
Lampu Kamar 20 Watt X 10 Jam = 200 Watt Hours
Lampu Belajar 8 Watt X 5 Jam = 40 Watt Hours
HP 10 Watt X 4 Jam = 40 Watt Hours
TOTAL PEMAKAIAN ADALAH 1730 Watt Hours atau 1,73 KWh
Total pemakaian daya dalam sehari tersebut jika kita uangkan adalah senilai 717,95 Rupiah. Murah sekali bukan?

TAPI, jika pemerintah mencabut semua fasilitas elektriksasi diatas dengan diberikan UANG KOMPENSASI sebanyak 1000 Rupiah dalam sehari kepada kika, sehingga kita tidak dapat mengakses listrik sama sekali tapi mendapatkan uang tunai. APAKAH KITA MAU?
Atau kondisi ekstrimnya apakah kita bersedia jika diberi uang sebanyak 30.000 Rupiah tapi tidak mendapatkan akses listrik dalam satu bulan?

Kita semua menyadari bahwa saat ini semua orang sudah menggantungkan hidupnya dengan energi listrik yang tersedia oleh PLN sekarang. Saya sangat yakin jawaban yang akan muncul dari 2 pertanyaan terakhir diatas adalah TIDAK MAU. Dan semua orang juga akan sulit membayangkan kalau kita mempunyai harta yang melimpah ruah tapi energi listrik yang ada di dunia ini ludes tanpa ada yang tersisa.

Seperti perumpamaan yang sejak awal saya sebutkan, maka dapat disimpulkan suatu teori alam baru yaitu “ENERGI tidak bisa dibeli dengan UANG”. Sehingga kita harus ingat bahwa kekayaan alam yang kita miliki saat ini BUKAN warisan NENEK MOYANG kita, tapi Semua Sumber Daya Alam yang ada saat ini adalah TITIPAN dari ANAK dan CUCU kita nanti.

Sebagai penulis, saya tidak akan menganjurkan orang yang membaca tulisan ini untuk menghemat energi karena pada dasarnya himbauan hemat energi sudah ada dimana-mana dan oleh siapa saja mulai dari orang terdekat kita sampai pemerintah. Terlepas dari semua itu, marilah kita bersama-sama menyadari untuk TIDAK KONSUMTIF dan berusaha menggunakan energi listrik SEPRODUKTIF mungkin agar kekayaan alam yang sangat penting ini tidak terbuang percuma.

Maju Terus Perlistrikan Nasional!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: