DOLANAN CORAT-CORET

DOLANAN SAKTI SING ISO NYORAT-NYORET

PRESIDEN INSINYUR

on February 14, 2011

sudah ada 2 calon presiden yang kuat. Hatta Rajasa dan Aburizal Bakrie. Dua-duanya adalah Insinyur. Saya menyambut gembira saat negaraku dipimpin oleh mereka. Bukan bermaksud narsis karena dari ITB dan merendahakan profesi lain. Terlepas dari kontroversi politik sana-sini, pada kenyataannya negara ini memang lebih hebat ketika dipimpin oleh insinyur.

Insinyur Soekarno, pemuda yang pernah mengenyam pendidikan di Teknik Sipil ITB.
Ini ada sebuah cerita nyata meskipun tidak populer. Saya akan mencoba mengingatkan kembali.
Membayangkan Indonesia kondisi saat sebelum kemerdekaan. Para pejuang2 kemerdekaan sangat yakin mereka akan bebas dari penjajahan kolonial belanda. Tapi, mereka sangat ragu akan berdirinya suatu bangsa setelah kemrdekaan ini. Realita yang ada adalah lebih dari 95 persen rakyat indonesia BUTA HURUF. Bagaimana bisa berdiri suatu negara yang rakyatnya bodoh? itulah logika paling masuk akal yang ada di belahan otak para pejuang.Namun, Soekarno masih ngotot kemutlakan berdirinya negara yang berdaulat. Sang Proklamator ini menggertak para pejuang kala itu, “kita punya RAKYAT, kita punya WILAYAH, dan kita punya PEMERINTAHAN, itu sudah cukup mendirikan negara Indonesia yang berdaulat, tak peduli semua rakyat kita buta aksara”. Para pejuang pun tertegun dengan seruan beliau. Dan lihatlah, dengan kepemimpinan beliau, 17 Agustus 1945 INDONESIA MERDEKA!
Soekarno hanya diberi kesempatan memimpin negeri ini selama 20 tahun. Tapi beliau bisa menggetarkan seluruh dunia. Mulai dengan angkatan bersenjata yang handal, menghadirkan kapal selam dari Rusia(saat itu kapal selam adalah kapal paling ditakuti di seluruh dunia), pesawat hercules, pesawat tempur, pembebasan irian barat, megaproyek infrasturktur(seperti gelora bungkarno, masjid istiqlal, senayan, dll), sampai mendirikan perusahaan kelas dunia(klo sekarang menjual perusahaan). Sungguh tak diragukan lagi kepiawaian beliau memimpin negara ini.

Habibie, pemuda yang pernah mengeyam pendidikan di Teknik Mesin ITB.
Saya akan mencoba bercerita tentang kepemimpinan saja, terlepas dari lahirnya IPTN perusahaan teknologi yang disegani dunia dan proyek kemandirian militer Indonesia.
Indonesia tahun 1998 jelas berbeda dengan Mesir 2011. Mesir dipimpin oleh ditaktor, dan saat demo besar2an terjadi, militer mengawal keberjalanan aksi rakyat mesir. Udah, selesai. Sedangkan Indonesia, dipimpin oleh ditaktor juga, dan bahkan didukung militer. Bayangkan, segala aksi demonstrasi dibubarkan oleh tentara dengan tembakan2 laras panjangnya. Penjarahan terjadi dimana2, orang2 melarikan harta bendanya keluar negeri, harga bahan baku meningkat 10 kali lipat, krisis moneter, dan semua daerah menginginkan 1 hal, Kemerdekaan daerahnya.
Banyak yang bilang Indonesia akan bubar dan menjadi negara2 yang lebih kecil. Tapi lihatlah, dengan tangan emas Habibie, semuanya bisa Ia redam. Hanya dalam jangka waktu 1 tahun. Dengan kecerdasan beliau, memberikan suatu konsep baru yaitu otonomi daerah, yang pada akhirnya meredam keinginan daerah untuk lepas dari pangkuan ibu pertiwi. Dan 1 tahun itu juga, negara ini menjadi stabil kembali.

Dari 6 presiden yang pernah memimpin negeri ini, 2 presiden itulah yang paling bagus menurut saya. Teknologi negara ini menjadi berkembang pesat saat dipimpin oleh Insinyur2 itu. Keberadaan HR dan Ical membuat saya berharap banyak akan kembali kejayaan teknologi bangsa ini. Dengan kepimpinan insinyur, perusahaan2 teknologi nasional diharapkan lahir kembali dan menggeser dominasi produk asing. Dari situ maka kemandirian bangsa inipun akan terwujud.

Melihat pemilu 2014, mungkin saya menjadi salah satu orang yang menentang pencalonan Sri Mulyani. Sungguh teknologi negara ini selalu gagal oleh ekonom, kemandirian bangsa mulai dari energi, teknologi, sampai pertambangan juga selalu gagal karena perhitungan kaum ekonom yang lebih mementingkan keuntungan sesaat. Apalagi Sri Mulyani adalah antek IMF, sang pemeras bangsa.

Mungkin, pemilu 2014 ini akan membuat jantung saya akan berdetak kencang tanpa henti……….


One response to “PRESIDEN INSINYUR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: