DOLANAN CORAT-CORET

DOLANAN SAKTI SING ISO NYORAT-NYORET

KRITIS

on February 23, 2011

Saya adalah pemuda biasa yang hidup di perantauan Parahyangan. Teman-teman saya bilang bahwa saya ini orang yang kritis. Walaupun sebenernya yang saya lakukan bukanlah berpikir kritis, tapi hanya memaknai sesuatu lebih dalam. Dan sayapun juga kurang sreg dengan kata “kritis”, karena itu mengindikasikan sekarat, atau hampir mati.

Dulu memang saya terlalu “to the point” tanpa tenden aling-aling, sehingga orang dekat saya sakit hati dengan sikap ini. Dan perlahan sayapun mengevaluasi sikap2 seperti ini.

Beberapa waktu yang lalu, di salah satu unit yang sekarang saya pimpin, orang yang saya kagumi menangis gara-gara sikap kritis ini. Bukan karena tothepoint lagi. Tapi karena terlalu frontal. Dan saya pun mengevaluasi lagi sikap kritis ini.

Baru saja, saya membuat guyonan ala mahasiswa. FYI, Guyonan mahasiswa jelas beda dengan guyonan tukang becak, politisi, atau kaum-kaum lain. Guyonan mahasiswa biasanya menertawakan fakta aneh yang dikemas menjadi kekonyolan. Dan saat itu saya sedang “mengguyonkan” suatu institusi pendidikan. Tapi, lagi-lagi orang yang saya sayangi tertusuk hatinya akibat sikap ini.

Korban dari orang-orang yang saya cintai itu sering kali membuatku tertegun. Bahkan saat kala kejadian itu sudah lama, tapi tetap saja membuat saya memikirkannya terus.
Tahukah kamu, korban-korban inilah yang perlahan-lahan membuat sikap kritis ini saya hancurkan. Bahkan, mungkin akan hancur dengan sendirinya. Agar orang yang saya sayangi, yang saya kagumi, yang saya cintai, dan orang-orang terdekat saya, tidak menangis lagi…..


3 responses to “KRITIS

  1. nanunot says:

    g gitu juga sih, sus. tetep kritis doong~
    semangat!😀

Leave a Reply

