DOLANAN CORAT-CORET

DOLANAN SAKTI SING ISO NYORAT-NYORET

EAT MORE THAN YOU CHEW

on March 20, 2011

“Orang India dan Cina itu udah pinter, lancar bahasa inggris, pekerja keras, dan mau digaji murah! Itu yang akan jadi saingan kalian waktu kerja nanti.” Pak Zainal menggertak mahasiswa mesin dengan nada tinggi. “klo kalian nyaman dengan kondisi sekarang, di masa depan nanti kalian jadi orang susah. Oleh karena itu, kalian harus terus berkembang. EAT MORE THAN YOU CHEW. Lakukan sesuatu melebihi kemampuanmu agar kalian terus berkembang”. Bagitulah cara salah satu dosen saya memberikan petuah kepada mahasiswa kampus gajah yang mulai bermental pemalas.

————–

Minggu lalu, saya bangun pagi dari kasur di Gudang, atau mahasiswa awam menyebutnya sebagai Markas Besar Loedroek ITB, dalam kondisi kedinginan karena tidur tanpa selimut. Sangat tidak enak sekali rasanya badan ini. Tapi inilah resiko tidur di kampus. Malam itu saya memutuskan tidur di kampus setelah kelelahan ikut hearing HMM dan rakor pengurus inti kokesma dari siang sampai jam setengah 11 malam. Karena pada dasarnya males pulang malem2 dalam kondisi lelah, akhirnya saya memutuskan tidur di Gudang.

Setelah bangun pagi, saya memutuskan untuk lari2 kecil ke saraga. Dengan bermodal KTM, pakaian seadanya dari kemarin, dan tanpa sepatu, saya nekad tanpa malu pergi ke saraga yang sudah mulai ramai orang berolah raga. Saat, memulai putaran pertama di track lari saraga, tiba2 ada yang memanggil saya.
“suseloo…”
Saya menoleh ke kanan dan ke kiri. Tidak ada orang yang memanggil saya. Jadi ragu sendiri ada yang memanggil saya.
“hai…sus!”
Ada panggilan kedua. Berarti benar adanya yang memanggil saya. Mencoba menoleh kebelakang. Dan ternyata benar ada seorang mahasiswi yang jogging sendirian memanggil saya.
“Ya Allah, cantik sekali. Ini kan cewek yang sempet aku taksir. Mungkin ini hadiah dari sholat shubuh tepat waktu tadi.heheh”. Gumam saya dari dalam hati.
Sayapun menyapa balik wanita itu, atau biar enak kita sebut “Oknum M”. Sebagai teman yang baik, akhirnya saya dekati dan ngajak ngobrol ringan tentang kabar dia agar silahturami terjalin lebih baik. Gak cuma silahturami seh sebenernya, ada niatan lebih. Biasalah, anak muda galau cinta. hehehhe

“udah lari berapa kali M?”
“ini masih putaran yang kedua kok. Kamu udah berapa kali Sus?”
“saya sih baru pertama.hehhe. Kamu lari2 sendirian M?”
“enggak kok. Sama **fi”(aku lupa namanya, pokoknya ada kata FInya)
“owh… dia dimana sekarang?”
“udah lari duluan Sus. Hmmm…. biasanya kamu lari berapakali disini?”
“yah…cuman enam kali. Lari2 ringan aja kok.hehhe. Klo kamu?”
“aku juga cuman enam kali. Udah kecapekan klo lebih dari enam.heheh”
“owh… very nice!”(sambil senyum manis)
“si **fi, biasanya lari 10 kali plus 5 kali jalan cepet keliling saraga”
“wow!!”

Sayapun langsung membisu dan tidak melanjutkan pembicaraan itu untuk sejenak. Terkejut mendengar teman oknum M bisa lari sebanyak itu membuat jiwa lelaki saya merasa terpukul. Masak stamina cowok kalah sama stamina cewek? beuhh…. Bisa ditertawakan klo anak2 mesin lain tau tentang hal ini. Untung yang denger tadi hanya saya dan oknum M.hahaha. Karena merasa malu, akhirnya topik pembicaraan saya alihkan tentang KP agar gak terlalu hancur harga diri saya,xD. Akhirnya saya berhasil ngajak ngobrol santai sampai putaran terakhir dia. Walaupun ga nyampe setengah jam, tapi waktu berduaan itu cukup men”fully charging” kebutuhan rohaniah saya.hehhe

Setelah oknum M selesai putaran ke enam, dia berpisah dengan saya(waktu itu saya masih putaran ke lima). Agak sedih seh harus berpisah, tapi kesedihan itu langsung sirna setelah ingat ketangguhan teman oknum M tersebut. “buset, cowok macam apa saya ini. Masak kalah sama cewek.” Akhirnya saya jogging menghabiskan jatah saya dengan semangat hingga putaran terakhir biar gak merasa kalah mutlak.

Di putaran terakhir, saya jadi ingat gertakan Pak Zainal saat di kelas. EAT MORE THAN YOU CHEW. Klo standaradnya saya berputar enam kali, saya harus berputar lebih dari enam kali klo ingin lebih kuat staminanya. Saya amini nasehat beliau, dan saya membuat komitmen untuk menaikkan standard sedikit demi sedikit agar suatu saat bisa ngalahin teman oknum M. Akhirnya saya menambah satu putaran lagi, 7 kali putaran non-stop keliling saraga berhasil dilalui.hehhe

Sabtu kemarin, saya jogging keliling saraga lagi. Motivasinya sederhana, menaikkan standard putaran di saraga. Saya mencoba keliling saraga 8 kali non-stop. Tapi karena malam sebelumnya saya lupa makan malam, akhirnya stamina saya belum siap untuk mencapai standard itu. Mission Failed. Lari 8 kali putaran gagal. Karena gak ingin ketinggalan kereta, saat itu juga, saya berkomitmen mencapai standard besok minggunya.

Hari minggu, tadi pagi. Saya lari2 keliling saraga sesuai janji saya kemarin. Tidak ada oknum M lagi kala itu, tidak ada “charger” semangat lari2 lagi. Mungkin gara2 tadi sholat shubuhnya agak telat.heheh. Di track lari saraga saya cuma bertemu teman solver saya, Yoga dan Adinul. Mereka sangat semangat pagi itu, saya gak ingin kalah semangat dari mereka. Mereka jadi “charger” dadakan saya untuk lari keliling 8 kali saraga, =).

Setelah memasuki putaran ke 8, ada persaan senang karena berhasil memenuhi janji saya kemarin. Tapi tiba2 teringat teman oknum M lagi. “dia bisa lari 10 kali plus 5 kali jalan cepat, masak aku cuman lari 8 kali?”begitu gumam saya. Sedikit dilema antara rasa capek ingin selesai dan rasa gengsi ingin mengalahkan teman oknum M itu.

Akhirnya, rasa capek itu menang. Hmmm, mungkin sedikit saya ralat. Rasa capek itu (hampir) menang. Saat saya mau berhenti dari lari 8 kali itu, saya melihat kaos mesin 2008 yang saya pakai.
“Anak Mesin Kuat Kuat! Anak Mesin Kuat Kuat!”
Tiba2 jargon itu keluar dari lubuk hari saya. Rasa capek yang tadi saya rasakan hilang seketika. Sayapun melanjutkan lari melebihi janji awal saya dulu. Akhirnya saya nekad menyamakan putaran lari saya dengan teman oknum M itu. Dan akhirnya………BERHASIL! hahahhaha

Puas sekali rasanya waktu itu. Mungkin memang benar apa yang dikatan dosen PSK saya waktu itu, EAT MORE THAN YOU CHEW. Kita harus melakukan sesuatu melebihi apa yang kita bisa agar kemampuan kita berkembang. Kata2 itu mungkin tidak hanya saya terapkan ke lari keliling saraga saja. Saya akan coba terapkan ke hal-hal lain juga agar kemampuan saya yang lain juga semakin meningkat.

Minggu ini saya berhasil lari keliling saraga 10 putaran. Minggu depan harus sukses lari 10 putaran dan 5 kali jalan cepat agar menyamakan stamina teman oknum M tadi. Tapi, setelah dipikir2, lucu juga rela lari sebanyak itu agar menghilangkan rasa malu sama oknum M.hehhee. Mungkin ini cara unik dari Allah untuk membuat saya menjadi manusia yang lebih baik dengan perantara oknum M.heheh
=)

-EAT MORE THAN YOU CHEW-
(Dr. Ir. Zainal Abidin)


Leave a Reply

