DOLANAN CORAT-CORET

DOLANAN SAKTI SING ISO NYORAT-NYORET

MENIKMATI PROSES

on May 16, 2011

Sebuah Catatan Ketua Sekum KOKESMA ITB 2011

Sewaktu jadi Formatur KOKESMA 2011, saya yang pada waktu itu berada di divisi personalia tokema diberi amanah untuk menjadi Sekretaris Umum untuk kepengurusan berikutnya. Amanah tersebut saya dapatkan mungkin karena berpengalaman menjadi maganger Sekum di kepengurusan KOKESMA 2009. Mungkin juga saya satu-satunya orang calon ketua Sekum karena tidak ada Calon Pengurus Inti lain yang mau dan mampu menjalankan amanah tersebut. Di awal pembentukan Sekum 2011, kondisinya sangat tidak ideal. Mulai komunikasi yang buruk dengan maganger sekum kala itu, perekrutan staff KK yang berantakan, mundurnya calon ketua umum, pengetahuan sekum yang apa adanya, hingga kacaunya pembentukan pengurus inti sendiri. Akhirnya dengan segala ketidak idealan itu, saya tetap memaksakan membentuk Sekum KK 2011.

Dan benar dugaan saya, karena kondisi awalnya sudah tidak ideal, kondisi “steady state”nya pun makin tidak ideal. Di awal pembentukan Sekum saya sempat sombong bahwa saya hanya membutuhkan 2 staff sekum untuk menjalankan amanah ini. Namun, setelah membuat detail kerja dan aktivitas divisi ini, saya salah besar. Sekum membutuhkan minimal 5 orang untuk menjalankan amanah ini. Kala itu belum terlambat, dan saya bersyukur karena tepat ada 5 staff yang mau bergabung dengan sekum. Mendekati RAT 27 KOKESMA ITB, calon ketua umum mengundurkan diri. Kejadian itu membuat segala persiapan pengurus inti sangat berantakan. Termasuk internal sekum sendiri. Setelah musyawarah bersama pengurus inti, Sekum mendapatkan amanah tambahan yaitu manajemen organisasi. Dengan tambahan amanah tersebut, akhirnya saya memutuskan merekrut teman seperjuangan divisi saat menjadi maganger. Jumlah staff sekum tepat 6 orang dan siap menjalankan amanah selama setahun kepengurusan.

Setelah Sekum yang saya pimpin ini berjalan, semua perencanaan meleset, strategi jitu yang saya rancang salah, dan prakiraan kondisi yang saya ramalkan tidak ada satupun yang tepat. Kondisi beberapa staff sekum yang sangat labil, mundurnya satu staff di awal kepengurusan(dan hampir nambah satu lagi), dan buruknya komunikasi yang terjalin membuat segalanya jauh dari Sekum Ideal.

Di tengah keberjalanan kepengurusan ini, saya berkali-kali merombak dan mengiterasi ulang perencanaan dan strategi baru untuk mencari formula yang paling tepat untuk membentuk Sekum yang Ideal. Membentuk suatu perombakan sangat tidak mudah, selalu ada pertentangan dan ancaman sana-sini. Saya terpaksa ngotot merombak berkali-kali dan menerjang pertentangan-ancaman itu untuk mencari bentuk Sekum yang paling tepat.

Seringnya terjadi perombakan itu membuat saya sering mengalami “one man show”. Dan selama 3 bulan berjalan menjadi ketua Sekum dengan kondisi seperti itu, saya ‘benar-benar sungguh sangat’ merasa LELAH. Saya tidak putus asa, saya tidak kalah, dan saya tidak menyerah. Disinilah masa-masa dimana hardskill, softskill, dan karakter yang dibangun selama 2 tahun oleh HMM, Loedroek, dan Kokesma saya diuji. Jelas saya tidak menyianyiakan kesempatan emas mengupgrade kualitas diri yang tidak semua mahasiswa kampus ini mendapatkannya.

Tahukah kamu, Allah sungguh luar biasa. Allah memberikan hikmah yang luar biasa dibalik 3 bulan yang melelahkan ini. Saya menemukan formula baru untuk SEKUM IDEAL. Inilah proses termanis yang pernah saya dapatkan selama berkecimpung di Kokesma. Saya sendiri tidak terlalu pusing memikirkan hasil dari project Sekum Ideal ini, saya lebih menyukai proses. HASIL bisa diduplikat dan dipakai orang lain entah siapapun dia, tapi PROSES hanya dinikmati oleh yang menjalankannya, dalam kasus ini adalah saya sendiri yang menikmatinya. Saya sangat bersyukur bisa mendapatkan staff2 ajaib dan maganger terbaik sepanjang umur hidup saya. Hanya SAYA yang tahu, kenapa mereka saya sebut staff2 ajaib, dan hanya SAYA yang tahu kenapa mereka saya sebut maganger terbaik. Karena SAYA lah yang menikmati segala PROSES tersebut.

Kawan, nikmatilah segala PROSES yang kalian jalani dimanapun teman-teman berada. Kita semua tahu bahwasanya latar belakang, tujuan, kondisi, dan kemampuan setiap orang berbeda. Karena perbedaan itulah yang membuat kebahagian tiap orang berbeda. Kebahagiaan mahasiswa Mesin mendapatkan nilai A Termodinamika jelas sangat jauh berbeda dengan kebahagian mahasiswa Tambang mendapatkan nilai A Termodinamika(lebih bahagia anak mesin, lebih susah lulusnya.xp). Teman-teman bisa membandingkan, bagaimana rasanya bermalas-malasan trus tiba-tiba masuk ITB karena jalur prestasi ortu, dan bagaimana rasanya belajar keras sepanjang hari untuk mengalahkan puluhan ribu pesaing calon mahasiswa ITB dan kemudian diterima masuk ITB. Jelas kondisi kedua yang akan membuat mahasiswa baru ITB tersebut bahagia.

Biarkan orang lain menuntut HASIL dari apa yang kita kerjakan. Karena hanya HASIL lah yang bisa mereka lihat, dan mereka akan selalu ditakdirkan BUTA terhadap PROSES.
Sedangkan PROSES, hanya sang pelaku yang menikmati indahnya semua PROSES yang ia jalani. Tidak ada satu orang pun yang menikmatinya selain sang pelaku sendiri.
Selamat menikmati indahnya PROSES kawan……….
=)
——————————————————

Saya tidak akan cerita panjang lebar mengenai semua PROSES yang saya alami. Saya akan berbagi “sedikit” HASIL dari rangkaian panjang itu.
Pembagian SEKUM yang IDEAL:
-ADMINISTRASI UMUM
-ADMINISTRASI KEANGGOTAAN dan SHU
-ADMINISTRASI USAHA dan KARYAWAN
-ADMINISTRASI MEDKOMINFO
-EKSTERNAL EKSTRA KAMPUS
-EKSTERNAL INTRA KAMPUS
-MANAJEMEN ORGANISASI
-KESERKETARIATAN dan INTERNAL

Jumlahnya pas 8 bagian, dan jumlah maganger sekum tepat 8 orang juga. Jika tidak ada aral melintang, semua maganger sekum “terjamin” menjadi staff sekum di kepengurusan kedepan. Amin ya Allah.
Mungkin sebentar lagi saatnya mengkader mereka menjadi sekum sejati. Tak apalah sekum di kepengurusan saya berantakan dan acak kabut. Setidaknya yang bisa saya lakukan adalah menciptakan kader2 sekum terbaik.
=)


Leave a Reply

