DOLANAN CORAT-CORET

DOLANAN SAKTI SING ISO NYORAT-NYORET

MEGAPROYEK IKAMANGGALUH ITB

on February 19, 2012

Dua minggu lagi Ikamanggaluh punya hajatan besar. Yaitu ke Pangandaran dan Green Canyon. Setelah tadi pagi merancang ulang anggaran dengan Ujang, setengah hari ini saya dipusingkan dengan biaya ke pangandaran yang membengkak.

Saya coba jabarkan lagi biaya ke pangandaran yang lebih akurat, ini hasil survey langsung tim perintis. Entah ini salah hitung, atau emang saya yang agak gila.
1 Unit Bis Besar(59 orang) -> 4,400,000
1 Unit Bis Sedang(31 orang) -> 3,200,000
Green Canyon 90 orang -> 1,350,000
Nyewa Villa 2 hari -> 3,400,000
Masuk pangandaran -> 250,000
Survey -> 515,000
Parkir, Pungli, Tol -> 500,000
Konsumsi 4 Kali -> 3,600,000
Total -> Rp 17,215,000!

Saya pun terhenyak melihat angka itu. Aliran uangnya sangat besar! Ini bahkan bisa menjadi acara dengan aliran dana paling besar sepanjang sejarah Ikamanggaluh didirikan. Berbicara tentang sejarah, saya jadi bernostalgia dengan acara2 yang pernah angkatan 2008 kerjakan.

Saat pertama kali masuk kampus ini, alumni smala 2008 sangat kebanjiran. Dimana tiap tahun smala menyumbangkan alumninya ke ITB sekitar 20 orang, pada tahun 2008 tembus mencapai 36 orang! angka ini tidak pernah tertandingi lagi hingga angkatan 2011. Di saat angkatan ini terbentuk, saya sangat terharu dengan kelapangan alumni SMA Al Hikmah, SMA 6, SMA 1 Grk, SMA 16, SMA sinlui, untuk bergabung bersama di komunitas ini.

Teringat juga acara buka bersama Ikasmanca(nama ikamanggaluh saat itu) yang dipimpin oleh Cemi. Waktu itu kami sangat bangga dengan acara yang berhasil kami adakan. Saya ingat waktu itu Nana melaporkan bahwa yang datang buber mencapai 100 orang! Tak hanya itu, pujian pun mengalir kepada sang pimpro karena acaranya ramai dan menarik. Ini menjadi sejarah yang mungkin sampai sekrang belum ada yang menyamainya.

Kemudian dilanjutkan kegiatan sakral Ikasmanca, yaitu roadshow dan tryout di Surabaya. Saya yang mendapatkan amanah memimpin tryout ini pun agak “gengsi” dengan kesuksesan Cemi kala itu. 2008 mencoba membuat sejarah, dimana biasanya peserta tryout hanya sekitar 350 orang, anak-anak mencoba menggebrak dengan angka yang tak tanggung2, 700 peserta! Akhir cerita, kerja keras teman-teman kala itu membuahkan hasil, kita mendatangkan 600 peserta dan berhasil meraup profit hingga 8,5 juta! Rekor peserta tryout itu akhirnya baru terpecahkan lagi pada angkatan 2011 yang mencapai 621 peserta.

Piman, sang pimpro Penyambutan Mahasiswa Baru(PMB) juga membuat torehan yang unik, kita berkumpul mengenakan blazer merah jambu bertuliskan “Suroboyo” di statiun, dan membentangkan spanduk. Iyah, spanduk itu penting untuk memberikan kesan selamat datang dan selamat bergabung kepada mahasiswa baru. Setiap 2009 yang datang kita sambut dan kita antarkan sampai tempat tinggal. Piman juga ikut bekerja sama dengan IOM ITB cabang surabaya
saat penyambutan di Surabaya.

Di penghujung tingkat 2, Alfin menciptakan gebrakan baru, bikin acara keakraban semua angkatan! Uang 4 juta dari 2008 penuh itupun digelontorkan penuh demi kesuksesan acara ini. Tidak ada embel2 dagang sapi jatah angkatan. Dan alhasil, berhasil mengumpulkan lebih dari 40 orang mulai dari angkatan 2009 hingga 2005 untuk datang di villa lembang. Ini menjadi momen yang sangat baik untuk keakraban ikamanggaluh ini.

Sekarang, kita dihadapkan tantangan baru, dengan memutar uang sekitar 17 juta dan peserta sebnyak 90 orang, ini benar2 akan menjadi torehan sejarah lagi untuk Ikamanggaluh. Kita memberanikan diri menjalankan proyek ini lantas kita punya pondasi keuangan yang mumpuni. Dan juga antusiasme tiap komponen ikamanggaluh juga luarbiasa terhadap acara ini. Namun, menjalankan proyek ini ternyata sangat tidak mudah. Ada aja halangan2 yang yang menghambat.
Dan yang lebih menyakitkan lagi yang menghambat justru dari INTERNAL!

Hati kalut itu selalu saja hadir di setiap jatuhnya. Saya senang sekali ketika Wafi, Alfin, dan Piman menyuport saya untuk suksesi megaproyek ini. Saya juga terharu ketika Ujang ikut kerja keras untuk memeras otak memikirkan keberlangsungan acara ini. Saya juga salut dengan Polem, Ida, Wafi, dan Alfin yang merelakan waktu dan tenaganya untuk jauh2 survey ke pangandaran.

Mungkin, ini menjadi megaproyek jalan2 sepanjang sejarah Ikamanggaluh didirikan.
Mungkin, ini juga menjadi acara jalan2 dengan massa paling banyak yang pernah ada.
Mungkin, ini juga menjadi acara jalan2 dengan perputaran uang paling banyak.
Dan mungkin, ini juga menjadi acara internal paling megah dibandingkan paguyuban lain.

Bismillahirohmanirohim…
Ya Allah, Acara ikamanggaluh ini digagas berdasarkan niat yang baik, yaitu menyatukan seluruh angkatan dan menyegarkan kebukaan pikiran tiap orangnya. Kami tahu pastinya banyak hambatan yang akan kami hadapi. Kami juga percaya bahwasanya tiap hambatan itu selalu ada hikmah untuk mendewasakan kami.
Ya Allah, mudahkanlah kami menjalankan kegiatan ini. Kami sangat berpasrahkan diri ini
kepadaMu. Berikanlah kami petunjuk dan jalan yang lurus.
Amin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: