DOLANAN CORAT-CORET

DOLANAN SAKTI SING ISO NYORAT-NYORET

TEH THAILAND YANG MENG-ENDONESIA

on July 31, 2012

 

Gara-gara maghrib tadi gagal merebut takjil di masjid untuk yang kedua kalinya, saya memutuskan berbuka dengan minum teh istimewa yang diberikan oleh teman saya, Puput. Teh istimewa ini namanya teh thailand, nama dagangnya Cha Nom Thai Tea. Di pasaran harga tehnya mahal, bisa 5000 rupiah per gelas. Dan hebatnya, Puput memberi saya satu liter secara cuma-cuma! Semoga kebaikan teman saya ini jadi berkah.

 

Saya sangat tertarik dengan teh ini. Tehnya unik, warnanya cream coklat. Secara biologis sebenarnya tidak masuk akal ada teh dengan warna seperti ini. Awalnya saya curiga “teh” yang dimaksud hanya sekedar nama, bukan “teh” sungguhan. Seperti minuman “air mata kucing” yang ternyata teh biasa yang berasala dari malaysia.

 

Saat pertama kali minum teh Thailand ini, saya terkejut. Ternyata rasa teh beneran! Tapi disitu juga saya menyadari bahwa sebelumnya saya pernah minum yang rasanya sama persis seperti ini. Saya berpikir keras untuk mengingat-ingat kapan terakhir minum ini dan apa nama minumanya.

 

Keluarlah ide! Saya buat teh biasa dari Teh Celup Sosro. Kemudian dikasih susu bubuk dan gula secukupnya. Sedikit ditambah cokelat bubuk. Diaduklah racikan-racikan itu. Hasilnya, rasanya SAMA dengan Teh Thailand!

 

Yah, inilah produk yang untuk kesekian kalinya orang Indonesia kecolongan akibat nama produk. Sama kisahnya seperti California Fried Chicken, J.Co, dan Polytron yang dari namanya dikira produk luar negeri, padahal produk asli milik orang Indonesia.

 

Saya jadi ingat cerita teman saya yang penggemar teh. Dia bilang, teh di Indonesia itu jagoan. Enak dan digemari orang-orang dari negara manapun. Teh yang dari Bandung dengan teh yang dari Malang, walaupun sama-sama tumbuh di dataran tinggi, tapi beda rasanya. Begitu juga dengan teh ditempat lain. Teh di Indonesia ini juga banyak yang di ekspor keluar negeri, dan diimpor balik hanya karena nama teh yang berasal dari Australia, meskipun tehnya asli Indonesia.

 

Tapi inilah kenyataan bisnis di Indonesia. Kualitas brand bisa mengalahkan kualitas konten itu sendiri. Dan Teh Thailand ini adalah salah satu dan sekian ratus produk yang laris hanya karena sebuah nama brand!


One response to “TEH THAILAND YANG MENG-ENDONESIA

  1. puput says:

    The power of marketing.. Makanya ada yg bilang seni marketing itu kunccinya cuman satu. Bullshit. Hahahha

Leave a Reply

