DOLANAN CORAT-CORET

DOLANAN SAKTI SING ISO NYORAT-NYORET

ISLAM BERLIAN SEPERTI DIAN SASTRO

on October 16, 2016

Tersinggung kah Dian Sastro jika ada haters menghina dia sebagai wanita jelek dan murahan?
Kalau kita punya sedikit waktu luang, cobalah buka akun medsos selebriti kita. Saya jamin pasti akan menemukan haters disana. Apalagi akun milik Syahrini, Marshanda, Awkarin, dan Agnes Monika, hatersnya banyak sekali dan rajin berkomentar pedas. Meskipun ada juga yang memuji dan menyatakan kekagumannya.
Tersinggung kah selebriti kita terhadap cacian dan makian haters-haters itu? Saya pikir para seleb itu tidak tersinggung. Terlihat mereka tidak mencaci maki balik hatersnya, atau menyindirnya, atau bahkan meladeninya pun tidak. Mereka terus berkarya dan terus disukai oleh penggemarnya. Tandanya karya-karya mereka memang pantas untuk dikagumi atau setidaknya menarik untuk diikuti oleh fans-nya.
Di ranah professional pun demikian. Ignatius Jonan, mantan legendaris Dirut KAI itu, masih dikenang jasanya mentransformasi KAI hingga saat ini. Banyak pujian dan dukungan terhadap dirinya, tapi juga banyak yang mencibirnya. Jonan pernah didemo oleh mahasiswa UI saat penertiban stasiun di Depok, dianggap penindas rakyat kecil karena menertibkan pedagang di seluruh stasiun. Juga pernah ribut dengan pedagang yang biasa masuk gerbong kereta api jarak jauh. Tapi sejarah mengapresiasi karyanya mengubah wajah KAI.
Pun dengan pejabat publik, yaitu Ahok. Dari kepemimpinannya yang belum genap 2 tahun, Jakarta sekarang sudah banyak berbenah. Mulai dari birokrasi, pelayanan kesehatan, pendidikan, hingga infrastruktur sudah banyak berubah menjadi lebih baik. Sama dengan Jonan, haters Ahok pun juga lebih banyak dan lebih galak lagi.
Saat Ahok Menyinggung Al Maidah
Dua minggu belakangan ini memang banyak postingan atas ucapan Ahok di Kepulauan Seribu. Saya sudah melihat video potongannya, juga video versi penuhnya yang di-upload oleh Pemprov DKI Jakarta. Saya sebagai umat muslim sebetulnya tidak tersinggung dengan ucapan Ahok setelah melihat video versi potongan singkatnya, juga makin yakin bahwasanya konteksnya berbeda jauh setelah melihat versi penuhnya.
Saya sempat merenung agak lama saat mengetahui banyak yang tersinggung dari pernyataan Ahok itu. Saya buat inventarisasi orang-orang yang tersinggung di FB dan mengamati historinya. Ternyata, orang-orang yang tersinggung itu mayoritas memang sudah membenci Ahok sejak lama. Sejak Ahok masih jadi Wagub DKI Jakarta. Hanya saja sekarang mereka punya bahan bakar yang menarik untuk dijadikan isu politik mengalahkan Ahok.
————————————————————————–
Jadi, tersinggungkah Dian Sastro jika hatersnya menghina dia sebagai wanita jelek dan murahan? Saya rasa Dian Sastro tidak akan tersinggung mengingat dia memang cantik dan berkelas. Dialah berlian yang akan tetap menjadi berlian meskipun dikotori oleh hatersnya.
Maka, tersinggungkah umat Muslim jika ada yang menghina agama Islam? Seharusnya tidak. Saya rasa yang tersinggung saat agamanya dihina perlu belajar berbesar hati, atau mungkin dipertanyakan keyakinannya bahwa agama yang dianut benar-benar “berlian” atau bukan.
Karena berlian akan tetap menjadi berlian meskipun dikotori atau dibuang ke tempat sampah sekalipun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: